PENGOLAHAN DATA RESISTVITAS 2D


Prosesing data lapangan dengan menggunakan Res2Dinv. Beberapa hal yang dilakukan dalam tahap ini adalah :
a)      Data berupa nilai beda potensial (V) dari hasil pengukuran dan nilai besarnya kuat arus (I) yang diinjeksikan diolah menggunakan program Microsoft Excel untuk mendapatkan nilai faktor geometri (K)dan nilai resistivitas semu ( ).
b)      Data resistivitas semu ( ) hasil perhitungan, data datum point (dp), spasi elektroda (a), faktor pemisah elektroda (n), jumlah titik pengukuran, beda elevasi, dan posisi patok diinput ke program notepad dalam bentuk file dat.
c)      Setelah file data lapangan sudah berada dalam bentuk file dat dan mengikuti format data Res2Dinv, selanjutnya dilakukan inversi untuk menampilkan gambar penampang bawah permukaan daerah survei. Pada tahapan ini akan dilihat bagaimana sebaran variasi nilai-nilai resistivitas bawah permukaan daerah survei dari warna yang di berikan pada gambar penampang hasil pemrosesan.
Dari perbedaan nilai resistivitas inilah kita dapat menafsirkan pelapisan bawah permukaan dari daerah survei serta kedalaman setiap lapisan penyusun.
d)      Untuk menampilkan penampang konduktivitas bawah permukaan kita pilih display conductivity pada change display settings.

Untuk lebih lengkapnya silahkan di download.



Share:

1 komentar:

  1. Salam kenal, saya iwan di bali, terima kasih sudah share file, namun sewaktu dibuka diminta memasukkan password....boleh share pw nya? Nuhun

    BalasHapus

Label

Recent Posts

Pages